Ideologi Sikap Otak

— The One and Only that Never Die


Hampir semua orang sepanjang 1997 hingga 1999 bersikap idealis dan kritis. Even penyanyi cilik Cindy Cenora pun, walau lagunya ditujukan untuk balita, terasa sangat idealis dan kritis. Beruntunglah balita yang saat perkembangan terpesatnya ditemani Cindy Cenora.

Sampul album dibuat dengan cukup unik, yaitu foto Dhani yang meniru gaya Sukarno. Dhani memang menggandrungi Sukarno. Ia pun sempat mengompos lagu khusus berjudul Benar Salah Dia Idolaku untuk Sukarno yang dirilisnya bersama T.R.I.A.D.

Selain tampil meniru Sukarno, ia juga tampil dengan gaya yang sama pada video musik Distorsi. Distorsi menggambarkan korupsi, kolusi, dan nepotisme yang dilakukan para pengurus masyarakat serta mabuk-mabukkan yang mewarnai generasi muda.

Impotent menggambarkan ragam keadaan sepanjang masa Soeharto, kepala negara yang hebat namun banyak dikelilingi penjilat. Masa-masa yang damai namun banyak membungkam ragam pemikiran dan perasaan.

Interupsi menggambarkan  kegusaran atas orang-orang yang mengatasnamakan pembangunan serta mandulnya hukum sebagai alat mewujudkan keadilan. Musik Interupsi kemudian diaransir dan menjadi lagu tunggal Dewa berjudul Juara Sejati, yang dirilis kembali oleh T.R.I.A.D.

Selain men-damprat kalangan yang diserahi tanggung jawab mengurus masyarakat, kalangan pendukung gerakan tertentu, yang banjir sesudah Soeharto legowo mengundurkan diri, pun terkena damprat-an Ahmad Band. Ode Buat Ekstrimist menggambarkan para pendukung tersebut yang nyaris seluruhnya tak mengerti apa-apa.

Sementara kehidupan seks bebas yang bertebaran di mana-mana. Dihajar dengan Gairah Tak Biasa. Langgam yang mengkritik kehidupan ketika kelindan berahi dan cinta yang sulit dipisahkan bisa dibeli dengan uang. Melalui Dunia Lelaki, Ahmad Band mbacotin kaum hawa tentang revolusi. Lagi-lagi, lagu ini dirilis kembali oleh Dhani bersama T.R.I.A.D.

Walau kaya nuansa kemanusiaan, cinta dalam cakupan antar lawan jenis selakangan pun masih diberikan Ahmad Band melalui album ISO ini. Dimensi, yang menggambarkan kekaguman abadi. Lagu ini dirilis kembali bersama The Rock dengan judul dan nada yang sama, hanya saja liriknya diubah menjadi puncak keintiman antara makhluk dan Khaliq yang terwujud setelah manunggal.

Bidadari di Kesunyian yang menggambarkan interaksi yang sangat intim antar lawan jenis selakangan. Interaksi intim yang membikin keduanya seakan saling memahami satu sama lain yang digambarkan melalui Rahasia.

Sayangnya, tak melulu hubungan yang menjadi muatan lagu dalam album ini membahagiakan. Sudah misalnya, yang berkisah tentang kandasnya interaksi yang pernah dibangun bersama, yang walau bisa menyakitkan, walakin memberikan pengalaman untuk mendewasakan.

Selain Distorsi yang menjadi andalan lagu kemanusiaan, untuk lagu tentang cinta dalam cakupan antar lawan jenis selakangan, Aku Cinta kau dan Dia menjadi hits-nya. Pengompos utama lagu ini adalah Dhani dan Bebi Romeo. Tahun 2007, lagu ini dirilis kembali oleh Dhani melali The Rock. Penyanyi lain pun ikut serta menyanyikan kembali, mulai dari Yuni Shara hingga Mulan Jameela, dengan mengaransir ulang.

satu-satunya album Ahmad Band 

https://itunes.apple.com/id/album/ideologi-sikap-otak/id534960751


Title : Ideologi Sikap Otak [Studio album]

Released : 20 Juni 1998
Genre :  Rock
Label : Aquarius Musikindo & Ahmad Dhani Productions
Producer : Ahmad Dhani Prasetyo

Line-up :
Ahmad Dhani Prasetyo — lead vocalist; guitarists;
Andra Junaidi Ramadhan — lead guitarists
Parlin Burman Siburian — guitarists
Bongky Marcel Ismail — bassist
Gabriel Bimo Sulaksono — drummer

Track listing :
(01) Distorsi
(02) Dimensi
(03) Bidadari di Kesunyian
(04) Sudah
(05) Dunia Lelaki
(06) Rahasia
(07) Impotent
(08) Aku Cinta Kau dan Dia
(09) Interupsi
(10) Gairah Tak Biasa
(11) Ode Buat Extrimist

Full album  — [M4A]